Selasa, 15 Maret 2016

Indahnya Pantai Pasir Putih Malikan (PAPUMA) Jember

KEINDAHAN PANTAI PAPUMA

Pantai Papuma - Siapa sangka, Pantai Papuma di Jember ada kepanjangannya yaitu Pasir Putih Malikan. Artinya, ada batu yang berbunyi khas saat terkena ombak. Pantai Papuma adalah daya tarik Jember untuk menikmati sunrise dan sunset.


Belum ke Jember kalau belum menginjakkan kaki di Pantai Papuma. Pantai Papuma adalah sebuah tanjung yang terletak di Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Jember. Pantai ini searah dengan objek wisata Pantai Watu Ulo (Batu Ulo). Tanjung berarti dataran yang menjorok ke laut.



Papuma akronim dari Pasir Putih Malikan. Malikan merupakan nama pantainya. Disebut Malikan karena ada batu-batu yang bisa berbunyi khas saat terkena ombak. Batu Malikan merupakan karang-karang pipih yang mirip seperti sebuah kerang besar yang menjadi dasar sebuah batu karang besar.
PANTAI PAPUMA TAMPAK DARI ATAS BUKIT
Sebelum menuju destinasi wisata pantai tersebut anda akan melewati bukit batu sekaligus bisa memberi makan kera-kera lucu .Pemandangan pantainya sangat eksotis. Pasir putihnya sudah menanti. Sedangkan di area setelah parkir yang teduh, berderet warung-warung sederhana siap dengan ikan bakar dan es kelapa muda. Sanitasi lumayan terjaga. 

Tak jauh dari sana ada beberapa homestay siap disewa.Tak mau yang biasa, rumah pohon juga tersedia. Bila ingin liburan ala backpacker, cukup gelar tenda. Tidak perlu repot-repot bawa dari rumah. Pengelola sudah menyediakannya, tinggal ganti ongkos sewa.

Begitu pandangan dilempar di kejauhan, nampak keelokan khas Papuma. Ada karang-karang besar sering juga disebut pulau yang menahan hantaman gelombang dahsyat Pantai Selatan. Ada tujuh batu karang besar yang membentuk deretan pulau kecil.


Karang besar itu diberi nama disesuaikan dengan kemiripan bentuknya. Ada Pulau Batara Guru, Pulau Kresna, Pulau Narada, Pulau Nusa Barong, Pulau Kajang, dan Pulau Kodok.

MASKOT PANTAI PAPUMA
Setelah menyelesaikan santapan khas Papuma, segera ambil keputusan. Mandi di pantai Pasir Putih Malikan sungguh menyenangkan karena gelombang ombaknya tidak sebesar di pantai Watu Ulo, atau jalan-jalan menikmati dan menyerap seluruh keelokan Papuma. Pemandangan paling bagus diperoleh kalau Anda naik ke sebuah bukit bernama Siti Hinggil.

Dari sini seluruh keelokan pantai, karang, hutan, dan Teluk Papuma dapat diabadikan. Sayangnya, vandalisme selalu jadi masalah. Coretan-coretan tak berguna itu membuat sakit mata, saat enak-enaknya memandang hamparan pemandangan yang mempesona.

Jarang ada pantai di saat fajar menemui sunrise dan di kala senja menemui sunset. Itu salah satu bonus saat berkunjung ke Papuma.


Jadi, secara keseluruhan Papuma patut dijadikan destinasi wajib saat ke Jember. Tak heran ada yang memasukkannya dalam 10 pantai terbaik di dunia. Tunggu apa lagi! Asyik bukan kawan-kawan semua, ayo kunjungi objek-objek wisata di Indonesia.
Dan tunggu informasi-informasi Traveler lainnya yaa...........

Sumber yang di edit dari http://travel.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar