Sabtu, 09 April 2016

Kota Oymyakon, Kota Terdingin di Muka Bumi

KOTA OYMYAKON
Oymyakon - Oymyakon adalah suatu kota di Rusia yang pasti masih terdengar asing di telinga. Tapi tahukah kamu, Oymyakon disebut-sebut sebagai tempat terdingin yang dihuni manusia di muka bumi ini. Rata-rata suhunya stabil jauh di bawah nol derajat!

Masih belum percaya? Silakan cek di google.com dengan kata kunci, “weather forecast Oymyakon”, hasil pencarianmu akan menghasilkan suhu di kisaran minus 30 derajat Celcius. Bahkan suhu minus 50 derajat Celcius-pun (rata-rata bisa tercapai pada bulan Desember hingga Januari pada tahun-tahun tertentu) masih dianggap biasa-biasa saja bagi 500an orang penduduk Oymyakon.

Mereka baru mulai merasa ganjil ketika suhu bergerak di kisaran minus 70 derajat Celcius. Menurut sebuah situs resmi visit Yakutia, dalam sejarah, suhu yang tercatat sangat ekstrem adalah pada tahun 1926. Ketika itu, termometer menunjukan minus 71,2 derajat Celcius. Bisa dibayangkan betapa dinginnya? Namun menurut sebuah situs lainnya, iliketowastemytime.com menyebutkan pada Februari 2013 yang lalu  mencapai suhu terendah sebagai rekor ekstrim yaitu 71 derajat Celcius.

Oymyakon berada di belahan timur Rusia, masuk dalam negara bagian Sakha dengan ibukota Yakutia. Lokasinya sekitar 750 mdpl dan terkenal dengan cuaca ekstrem yang dingin! Situs travel resmi Visit Yakutia, seperti dilansir detikTravel, Kamis (15/1/2015) Oymyakon disebut sebagai tempat terdingin di Bumi yang dihuni oleh manusia. Mungkin, wilayah kutub lebih dingin karena banyak gunung es, tapi di sana tidak dihuni manusia.
Penduduk kota Oymyakon

Oymyakon dihuni oleh sekitar 500 penduduk dengan kehidupan layaknya kota-kota lain di dunia. Orang dewasa bekerja, anak-anak sekolah dan para wanita juga berbelanja ke supermarket. Pakaian mereka sehari-hari bisa ditebak, jaket dengan bulu yang tebal.

PENDUDUK OYMYAKON
Bahkan, mereka juga harus menutup hidung dengan syal, agar nafas tidak sesak akibat angin kencang yang membawa salju. Musim panas di sana pun kisaran suhunya hanya minus 20-30 derajat Celcius.

Kalau melihat foto-foto tentang situasi dan kondisi di Oymyakon, akal sehat kita akan sulit menerima, mengapa mereka mau hidup di tempat sedingin itu. Coba bayangkan, pada suhu seekstrim itu maka kacamata akan membeku bersama wajah, baterei akan cepat sekali kehilangan power-nya karena materialnya tidak didesain tahan di temperatur super dingin.

KENDARAAN PENDUDUK
Lalu, mesin mobil akan mendingin dengan cepat sekali ketika diparkir di pinggir jalan. Kecuali kalau mobil diparkir di dalam garasi yang dipasangi pemanas ruangan. Jadi, kalau mobil diparkir di pinggir jalan, maka tetap harus dihidupkan agar mesin tetap berada pada temperatur kerja minimal.
Mobil harus dinyalakan jika diparkir di luar.

Penduduk lokalnya memiliki kebiasan memancing ikan di bawah sungai beku. Mereka memiliki pasar yang banyak menjual ikan, apalagi kalau bukan ikan beku!

MATA PENCAHARIAN PENDUDUK
Meski tantangan hidup di Oymyakon sangat ekstrim, cuaca yang super dingin di sana justru dikemas menjadi suatu daya tarik wisata. Visit Yakutia, menjual paket tur yang menjanjikan pengalaman tiada dua. Tinggal di kota terdingin di Bumi!

Cara menuju Oymyakon dapat ditempuh dengan naik mobil selama 2 hari dari Yakutia, dengan jarak ribuan kilometer. Turis akan diajak tinggal bersama penduduk asli Oymyakon, mengunjungi lanskap-lanskap perbukitan es dan tentu saja bermain salju.

Harganya memang terhitung mahal dan turis yang mau coba harus satu grup tidak boleh sendirian. Untuk satu grup dengan 2-3 orang, harganya USD 2.600 atau sekitar Rp 32,7 juta per kepala. Sedangkan untuk grup berisi 4-6 orang harganya USD 1.680 atau sekitar Rp 21,1 juta. Apakah anda tertarik?Asyik bukan kawan-kawan semua, ayo kunjungi objek-objek wisata di Indonesia. Dan tunggu informasi-informasi Traveler lainnya yaa...........

Sumber yang di edit dari: http://www.isigood.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar